Sistem pengapian alternator

Sistem pengisian mempunyai 3 komponen penting yakni Aki, Alternator dan Regulator.
Alternator ini berfungsi bersama sama dengan Aki
untuk menghasilkan listrik ketika mesin dihidupkan.
Hasil yang dihasilkan oleh alternator adalah tegangan AC
Yang kemudian dikonversi/diubah menjadi tegangan DC

RANGKAIAN SISTEM PENGISISAN
Ke empat kabel ( soket ) dihubungkan dengan alternator di sepanjang rangkaian kelistrikan.
“B” adalah kabel output alternator yang mensuplai langsung ke aki.
“IG” adalah indikator kontak yang ada dialternator.
“S” digunakan oleh regulator untuk mengatur strum pengisian ke aki.
“L” adalah kabel yang digunakan oleh regulator untuk indikator lampu ( CHG ).

IDENTITAS TERMINAL ALTERNATOR
“S” Terminal indikator Voltase aki.
“IG” Terminal indikator strum kontak.
“L” Terminal lampu indikator.
“B” Terminal Output Alternator.
“F” Terminal tegangan langsung ( bypass ).
galery
ALTERNATOR ASSY
Alternator terdiri dari :
gabungan kutub magnet yang dinamakan Rotor.
Gulungan kawat magnet yang dinamakan stator.
Rangkaian dioda yang dinamakan rectifier.
Alat pengatur voltase yang dinamakan regulator.
Dua kipas dalam ( internal Fan) untuk menghasilkan
sirkulasi udara.

BAGIAN DALAM ALTERNATOR
Jika bagian atas altenator dibuka :
Regulator yang mengontrol tegangan output alternator.
Carbon Brush yang menempel dengan bagian atas rotor
( Slip Ring).

Rangkaian dioda (rectifier) yang mengkonversi (mengubah)
voltase AC menjadi voltase DC.
Slip Ring (bagian dari rotor) dihubungkan dengan setiap dari
Field winding.
CARBON BRUSH
Dua slip ring yang berada di setiap bagian atas rotor.
Slip ring dihubungkan dengan field winding dimana carbon brush
dapat bergerak, dan ketika arus mengalir melalui field winding
Lewat slip ring, akan ada arus magnet disekitar rotor.
2 buah arang yang diposisikan sejajar yang
akan menempel dengan slip ring.
Carbon brush disolder atau
Diikat dengan baut.

88 thoughts on “Sistem pengapian alternator

  1. itu di sebabkan ada kerusakan pada gulungan spulnya atau dioda ada yg konslet/ putus,silakan di service di bengkel dinamo terdekat.semoga bermamfaat terima kasih telah masuk di blog saya

    • Min…mau nanya saya pakek mobil kijang grand…pertama mobil saya ada masalah pada lampu selah itu saya bawa ke bngkl dinamu kata nya wayer nya trbakar..setelah di perbaiki terus dinamu nya mendengung..kata nya otomat cas nya yg rusak uruh ganti yg bru sya ganti lah yg baru..etlh itumasih juga mendengung kta nya sih dinamu nya gak bisa pakek lagi itu pun sya ganti juga..ttpi masih juga mendengung sampai2 dinamu nya panas sekali kalau soket otomat nya di cabut maka gak bunyi suara mobil pun jadi ringan…ttpi gak mau ngecas…klu di pasang nge cas sih tapi saya takut dinamu nya rusak lagi…mohon pencerahannya ya min…..!? Terimakasih…

      • ketika dinamo cas itu dalam kondisi baik akan mendengung krena magnet dinamonya berat,coba bapak cek dinamonya berapa amper dan aki bapak
        berapa amper ? agar bsa kta hitung antara suplai dan keluarnya arus dinamon cas

      • itu kerusakannya pada diodanya pak.itu dioda harus di ganti semua sebanyak 6 buah.kalo ada bgusnya di tukar tambahkan
        sama orang bengkel,mana tau mereka punya yg bagus.

  2. bagaimana kalau dinamo ada tarikan magnet dan dan kondisi mobil hidup, setelah kabel masa di cabut mobil mati ? apa penyebabnya ?

  3. lampu indikator batrey nyala,saya tahan gas sp 300 rpm lampu indikator batrey mati , saya liat lampu2 dasbor redup, saya coba nyalain ac td nya dingin skrng tidak dingin setelah kejadian tsb, saya start ulang masih mau, tapi mesin rada berat, dan saya coba melepas kepala bateray pada posisi mesin hidup, mendadak mesin mati, saya ulang start batreynya tekor. saya cas ulang batrey, siip lagi, namun pada posisi kontak on lampu indikator batrey biasanya nyala tdk nyala, saya coba buka lagi kepala batrey pada posisi mesin hidup, mendadak mesin mati lagi, adakah yg salah pada altenator mobil saya. BMW 520i thn 91. tolong pak pencerahan n solusinya.

    • dari penjelasan saudara alternator mobil anda dalam kondisi tidak baik/rusak,atau power suplay ke alternator tidak ada.kerusakan antara carbon brus atau armatur atau ic casnya rusak.silakan di periksakan di bengkel terdekat di kota anda terima kasih

  4. mohon pencerahan, mobil saya corolla ke 30, ada suara mendengung sepertinya pada dinamo ampere. Suara mendengung cm saat rpm rendah, saat di gas suara dengung hilang. Apa masalahnya ya pak?…

  5. Mohon pencerahan Boss…….mobil saya Avanza 2005 tiba-tiba lampu indikator cas nyala terus nah ini bertanda alternator tidak berfungsi…..tapi setelah saya cek dengan memakai kunci pada puly alternator masih ada medan magnet dan alternator masih normal dan ngecas …apa yang salah pada pada mobil saya sehingga indikatonya nyala terus mohon dibantu terima kasih….email mi_n2tronic@rocketmail.com

    • terima kasih telah masuk ke blog saya.
      Apa bila lampu indikator menyala sudah jelas dinamo cas bermasalah,kemungkinan carbon brushnya sudah pendek atau ic casnya rusak.
      ic casnya sebaiknya bapak cek kan ke bengkel dinamo terdekat di kota anda,
      terima kasih

  6. malem pak, mau tanya cara merubah dinamo ampere cut out ke ic apa saja yang harus dirubah? dinamo amperenya saya sudah ada yang ic dan sesuai dengan spek mobil saya. tapi saya masih bingung merubah terminal kabelnya. mohon pencerahannya pak, terima kasih

    • malam jga,keterangan bapak belum lengkap,mobil apa ? dan dinamo ampernya kabel berapa ? yg di rubah hanya mengconec terminal bekas cut out api ig / on dan kode indikator.tolong bapak lengkapi data data mobil bapak klo bsa emailkan gambar dinamo amper bapak terima kasih

  7. met pagi pak. Sya mau nnya ni,
    sya punya chevrolet aveo, klo dikontak on lampu indikator tdk nyala,dan klo hidup mesin lampu indikatornya jg tdk hidup. stelah be2rapa menit kmudian mesin mati,nah apakah itu ic cas nya yg rusak atau diodanya pak? Mohon penjelasannya pak.

    • dari analisa yg bapak sampaikan kerusakan antara habis karbon brush,ic.dan kerusakan di armatur/angkernya.klau kerusakan dioda
      seharusnya lampu indikator tetap menyala.
      terima kasih mampir di blog saya

    • bsa jga pada dasarnya dinamo cas adalah generator tpi voltasenya rendah dan di searahkan oleh silikon
      kita harus merubah ukuran kawat spulnya untuk mencapai voltase 220 volt

  8. malam pak.. mobil saya Chevrolet aveo,saat lagi jalan lampu depan sepertinya meredup dan radio tiba-tiba gak bersuara..namun saat switch lampu saya matikan, radio hidup lagi.
    sampai rumah, saya cek, emang ternyata lampu redup. dan mesin kemudian saya matikan. Saat saya coba stater ulang, mesin sudah tak mau hidup lagi.. dan pada saat kondisi kunci on, indikator panel aki tidak menyala (indikator yang lain (oli, engine pintu) menyala).

  9. malam pak. mobil saya kijang 1.8! pada saat mesin dihidupkan lampu ampere pada spido menyala terus,. udah ganti cut out baru, ada magnet pada dinamo ampere! awalnya lampu amperenya ngak nyala tapi 2 hari lampunya nyala sampai aki terkuras habis!!

  10. Mo tanya ko saat kontak dalam posisi OFF pully dinamo masih ada daya tarik magnet? trus air aki sering berkurang apa penyebabnya?

  11. Mohon pencerahan, pada dashboard kalo lampu indikator tiba tiba nyala dan kadang tiba tiba mati sendiri artinya apa ya? 2hari sblmnya dioda alternator sempat diganti karena bocor

  12. min, mobil saya kijang diesel 2002, ex nya operasional toyota service center, yang mau saya tanyakan
    1. jika kunci kontak dalam posisi on ,indikator bergambar aki menyala,dan ketika mesin di nyalakan indikator nya mati, apakah ada masalah dengan alternator nya

  13. salam kenal Pak, saya mau tanya..mobil saya BMW 318i tahun 90,mengalami masalah pada batre/aki.jd batrenya tekor bahkan sampai habis total strumnya,tapi pada saat batre saya cass mesin hidup lagi dan gak lama tekor lagi,,tapi lampu di dasboard nya yang gambar aki gak menyala,jadi apa masalahnya ya Pak? mohon informasinya,,terima kasih

    • salam kenal kembali itu sudah jelas kerusakan di alternator.kerusakan di ic cas kode indikator mati total di saat kunci kontak
      posisi on itu tanda kerusakan di alternator atau kabel indikatornya putus,kabel lampu indikator tidak menyala di sebabkan 2 hal kerusakan di ic
      atau kabelnya putus terima kasih

  14. selamat siang Pak,,satu lagi saya mau tanya.apakah kalau dinamo stater rusak atau belt pada altenator kendor dapat menyebabkan pengisian strum pada aki,? terima kasih

  15. Mau tanya pak. Mobil kijang saya alternatornya masih menggunakan keet out. Waktu diperiksa ternyata 2 buah dioda positifnya rusak (1 jebol/putus, 1 lagi korslet).
    Sudah diganti ke 2-nya tapi kenapa jebol lagi? Apakah harus diganti semua ke-3 dioda postifnya? Sekering tidak ada yang hangus/putus.

  16. mau tanya pak, mobil saya taft 93. saya pasang pasang kabel set (relay) lampu. beberapa minggu kemudian lampu indikator aki menyala. klo pada rpm tinggi lampu indikator tersebut mati. esok paginya ketika mau di start mobil gak mau menyala. Kemudian aki saya cas. setelah itu tape, ac dan lampu yg dari aki saya lepas. trus di start. mobil hidup, lampu indikator aki masih menyala trus bunyi kasar pada dinamo ampere. Ketika saya cek menggunakan obeng, pada posisi off masih ada medan magnet disekitar dinamo. mohon pencerahannya pak. trims….

  17. kepada admin . .
    setelah saya membaca artikel ini,dimanakah letak hubungan SISTEM PENGAPIAN dengan ALTERNATOR nya . . ?
    saya tertarik dengan judul tsb karena saya sedang mengalami masalah pengapian pada roda 4 milik saya corolla dx th.81.
    masalah tsb adl,pd saat mesin hidup scr tiba2 api di koil hilang dengan sendirinya,namun jika saya buka contact point platina scr berulang maka api pada koil muncul lagi,dimanakah letak kerusakannya . . ? koil dan platina sdh ganti baru pak,mohon pencerahannya . . tks

  18. penyebab dinamo chas panas dengan sendirinya dan mkin lama mkin panas pa y pak
    jika yang dihubungkan hnya positif dan negatifny saja pada regulatornya
    bahkan dapat menyebabkan kabel sensingnya terbakar
    nmun pada keadaan bekerja dinamao chas bekerja dengan baik jika keadaan diam akan semakin panas

    Nb untuk generator volvo penta

    • dinamo cas memang panas di tambah panasnya mesin,hubungan arus yg tdak tepat jga akan mempengaruhi panas dinamo,kabelnya yg terbakar itu kemungkinan kabelnya kurang besar,dan terminalnya longggar

  19. tolong saya punya masalah dengan mobil xenia famili..ketika mobil berjalan kira” 100mter lampu engine nyala.tetapi bila ac di nyalakan sejauh apapun jaraknya tidak nyala” lgi engine nya.dengan syarat mobil dimatikan dahulu trus dihidupkan dan menyalakan ac trus agar chek engine tidak menyala. saya bawa ke bengkel terdeteksi sensor speed oleh komputer bermasalah..tetapi ketika di chek lagi tidak masalah dengan komponenya alias normal.dan mereke mengajukan tuk mengganti instrumennya indikatornya.

    • coba bpak Lepaskan isolator pengikat pada sensor temperatur intake manipold, kemudian coba tarik agak keras kabel socketnya. Kemudian kabel akan terlepas dengan sendirinya. Ini menandakan kabel tersebut terputus..kalo pakai ac gas mesin scara otomatis naik,atau coba di refresh dengan cara
      .lepaskan kepala accu selama 15 menit untuk mereset memori ECU dan pasangkan kembali..!!

  20. boleh tanya ni pak, carbon brush alternator pada innova diesel saya dah 2x patah, kata orang bengkel karena as angkernya baling, mohon pencerahannya. terimakasih.

  21. mas mau nanya nih, lampu indikator accu pada posisi off nyala dan pada saat acc dan on malah mati, saya copot socketnya dinamo ada magnetnya saat B terminal saya hub ke accu, dan saat saya lepas magnet hilang. yang rusak apanya mas ya, atau itu normal, terimakasih

  22. Kenapa ya…??? Strum di dinamo kuat. Tapi listrik yg aliran ke accu lemah. Apa kabel yg sudah lama bisa juga berpengaruhnya aliran listriknya.?? Tnks’h.

    • strum di dinamo tidaklah jadi pedoman,tetapi yg di accu berapa amper yg masuk.dalam beberapa pengalaman memang ada pengaruh kabel,tapi itu jarang terjadi.arus harus di ukur di accu lebih efisien dan terjamin.tpi boleh jga di coba di tambah kabel positip dri dinamo ke acuu

  23. Om mau tanya.mobil sy toyota starlet 92,lampu indikator accu pd dashboard menyala terus saat mbl hdp/mati.saat kontak on/off dinamo ada magnetnya.dlm smalam accu langsung drop strum hbs.bila mbl mnyala accu sy cabut msin ttp hidup,kepala dudukan arang memang sdh kmakan apa penyakitnya dr sana atau mslh pd ic nya? trims

  24. Pak, numpang tanya, mobil saya kijang krista th 98. Saat mesin dihidupkan lampu indikator charging nyala. Setelah saya ganti carbon brush dan ic regulator, saat mesin dihidupkan lampu indikator masih nyala, tp pada saat rpm 3500 keatas lampu indikator mati. Saya cek kondisi fuse, semua masih bagus, menurut bapak apa sumber permasalahannya dimana ? Terimakasih.

  25. salam kenal, mohon saran dari semua yg lebih berpengalaman: lampu panel indikator avanza veloz mati semua n mobil gak bisa nyala(tapi sen, klakson nyala, aki bagus) apa sebabnya? sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  26. malam Pak,salam kenal, mohon petunjuk dari Bapak : lampu panel indikator avanza veloz mati semua n mobil gak bisa nyala(tapi lampu sen, klakson nyala, aki bagus) apa penyebabnya? sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  27. salam kenal pa, mohon pencerahannya, sy punya picanto thn 2011, kemarin tiba2 akinya soak sampe ga bisa di starter, tp msh bisa di dorong, sy bawa ke teman sy yg pny bengkel utk coba dianalisa penyakitnya, ternyata setelah di jumper pun tidak berhasil distarter, krn itu akhirnya teman saya menganalisa kalo ga dinamo starter rusak mgkn relay. setelah dicek, relay bagus, dinamo starter jg bagus, kemungkinan di kabelnya. akhirnya dibuatkan jalur kabel baru utk starter, dan berhasil. tp aki yg tadinya koma jd drop sampe 0%. saya sudah ganti aki baru, saya pikir semua sudah beres. mobil jalan spt normal kembali, yg buat saya terkejut, besok harinya saya mau pergi,stop kontak sy nyalakan tdk ada listrik sama sekali. aki saya yg baru diganti kemarin mati total. mohon pencerahannya…

  28. malam bos numpang nanya, mobil saya katana thn 93 tapi baru ganti alternator punya nissan yg 100Ah dan aki kering yg 100Ah. saat kontak on mesin belum nyala lampu indikator aki nyala, terus saat mesin hidup (starter normal) lampu indikator hilang. masalahnya medan magnet tidak ada bos, kira-kira kerusakannya dimana bos? terimakasih sebelumnya bos…

  29. salam kenal mas, mobil saya kijang 1.8 bensin, saat lampu dinyalakan bunyi denging dimesin, saat dimatikan jalan normal tidak berbunyi, mohon pencerahannya mas…

  30. om,mobil saya hino fs.apabila contak mobil on lampu indikator casnya menyala,tp saat mesin hidup lampu tetap menyala namun agak redup dan alternator tidak mengisi batrei,kira-kira apa ya masalahnya

  31. Salam kenal pak,mau tanya mobil saya lgx 1,8..aki baru di ganti sekitar 2 bulan,,mobil sering dipanasi tapi seminggu yang lalu pas mau d bawa jalan,saat dihidupkan mesin tiba2 tidak mau sprti aki drop,,setelah di jumper bisa,dimatikan sekitar satu jam dihidupkan lagi ternyata gak bisa lagi,,bawa ke bengkel,,diotak atik kabel yang nyambung k positif di aki,,bisa tapi sering kambuh tiba2 drop,,mohon pencerahan nya pak kira2 masalahnya apa?trimakasih

  32. Mau tanya om….
    Mobil saya corolla gl 84…
    Permasalahannya alternator nya ga. Ngisi waktu di cek ga ada medan magnet sama sekali…. dan saya servis alternatornya sembuh.. dan 2 hari kemudian alternator rusak lagi medan magnet ga ada dan saat positif aki di cabut mesin jga mati…. itu dari apanya ya om….? Apa bisa dari kosleting kabel body merusak atenatornya……
    Mohon bantuanya…..

  33. mohon pencerahan om master….
    mobil saya kijang lsx, permasalahannya mobil bisa stater normal baik pagi atau kapan aja, cuma ketika dibawa jalan dan smua komponen klistrikan dinyalakan keesokannya tidak bisa stater, dijamper pake aki yang lain hidup kembali…kemudian di tes kembali pake aki yg lama normal lagi, selanjutnya mobil jalan tanpa menyalakan ac dan listrik lainnya, stater bisa dan normal, tp jika mobil jalan sambil menyalakan komponen listrik, stater tidak normal( tdk hidup), sudah dibawa ke bengkel dinamo stater diganti ic, socet dan bearing tp hasilnya sama mobil tidak kuat stater jika ac dan lain2 dihidupkan…kira2 apanya ya om master…. penyakit mobil saya ini…..tolong pencerahannya…

    • Dari kronologisnya itu ada ketidak stabilnya pengisian chargernya dari alternatornya/ dinamo casnya,bisa jdi belt / beltingnya kendor.dan jga bsa di karenakan fully utama di cranshaftnya yg bermasalah,ketika stanby pengisiannya normal dan ketika run atau jlan pengisian dri alternatornya down/ turun tdak bsa mensupplay arus alias tekor.

  34. Klo kyak gtu coba agan cek fully utama yg terkadang fully tersebut luput dri pemeriksaan montir dan msih jarang terjadi.krena fully utama itu di antara as kur as ke fully itu pakai karet,kemungkinan karet tersebut sdah usang.ketka mobil jlan beltingnya turun naik.klo betlnya turun naik sdah pasti akan tekor gan

  35. Salam kenal kmbali
    Dari kronologinya iya itu over charging itu cut outnya tak bgus lgi,sbaiknya dinamo casnya di modif dgn yg pkai ic.kasian batrenya pak klo sering over cas g lma umur batrenya pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s