Sistem pengisian mempunyai 3 komponen penting yakni Aki, Alternator dan Regulator.
Alternator ini berfungsi bersama sama dengan Aki
untuk menghasilkan listrik ketika mesin dihidupkan.
Hasil yang dihasilkan oleh alternator adalah tegangan AC
Yang kemudian dikonversi/diubah menjadi tegangan DC
RANGKAIAN SISTEM PENGISISAN
Ke empat kabel ( soket ) dihubungkan dengan alternator di sepanjang rangkaian kelistrikan.
“B” adalah kabel output alternator yang mensuplai langsung ke aki.
“IG” adalah indikator kontak yang ada dialternator.
“S” digunakan oleh regulator untuk mengatur strum pengisian ke aki.
“L” adalah kabel yang digunakan oleh regulator untuk indikator lampu ( CHG ).
IDENTITAS TERMINAL ALTERNATOR
“S” Terminal indikator Voltase aki.
“IG” Terminal indikator strum kontak.
“L” Terminal lampu indikator.
“B” Terminal Output Alternator.
“F” Terminal tegangan langsung ( bypass ).
ALTERNATOR ASSY
Alternator terdiri dari :
gabungan kutub magnet yang dinamakan Rotor.
Gulungan kawat magnet yang dinamakan stator.
Rangkaian dioda yang dinamakan rectifier.
Alat pengatur voltase yang dinamakan regulator.
Dua kipas dalam ( internal Fan) untuk menghasilkan
sirkulasi udara.
BAGIAN DALAM ALTERNATOR
Jika bagian atas altenator dibuka :
Regulator yang mengontrol tegangan output alternator.
Carbon Brush yang menempel dengan bagian atas rotor
( Slip Ring).
Rangkaian dioda (rectifier) yang mengkonversi (mengubah)
voltase AC menjadi voltase DC.
Slip Ring (bagian dari rotor) dihubungkan dengan setiap dari
Field winding.
CARBON BRUSH
Dua slip ring yang berada di setiap bagian atas rotor.
Slip ring dihubungkan dengan field winding dimana carbon brush
dapat bergerak, dan ketika arus mengalir melalui field winding
Lewat slip ring, akan ada arus magnet disekitar rotor.
2 buah arang yang diposisikan sejajar yang
akan menempel dengan slip ring.
Carbon brush disolder atau
Diikat dengan baut.
itu di sebabkan ada kerusakan pada gulungan spulnya atau dioda ada yg konslet/ putus,silakan di service di bengkel dinamo terdekat.semoga bermamfaat terima kasih telah masuk di blog saya
Min…mau nanya saya pakek mobil kijang grand…pertama mobil saya ada masalah pada lampu selah itu saya bawa ke bngkl dinamu kata nya wayer nya trbakar..setelah di perbaiki terus dinamu nya mendengung..kata nya otomat cas nya yg rusak uruh ganti yg bru sya ganti lah yg baru..etlh itumasih juga mendengung kta nya sih dinamu nya gak bisa pakek lagi itu pun sya ganti juga..ttpi masih juga mendengung sampai2 dinamu nya panas sekali kalau soket otomat nya di cabut maka gak bunyi suara mobil pun jadi ringan…ttpi gak mau ngecas…klu di pasang nge cas sih tapi saya takut dinamu nya rusak lagi…mohon pencerahannya ya min…..!? Terimakasih…
ketika dinamo cas itu dalam kondisi baik akan mendengung krena magnet dinamonya berat,coba bapak cek dinamonya berapa amper dan aki bapak
berapa amper ? agar bsa kta hitung antara suplai dan keluarnya arus dinamon cas
itu kerusakannya pada diodanya pak.itu dioda harus di ganti semua sebanyak 6 buah.kalo ada bgusnya di tukar tambahkan
sama orang bengkel,mana tau mereka punya yg bagus.
saya mau nya pak mobil saya kijang lgx disel, pas saya sevis dinamo ket out mobil saya d ganti ici l300, gulugan ganti baru, pengisian kalau makai lampu dan ac ngak lama kemudian lampunya redup, apa kendalanya, apa mungkin ici nya ngk cocok untuk kijang disel
gulungannya atau dioda silikonnya ada yg rusak…
bagaimana kalau dinamo ada tarikan magnet dan dan kondisi mobil hidup, setelah kabel masa di cabut mobil mati ? apa penyebabnya ?
terjadi ke tekoran pengisian,terjadi kerusakan pada dioda atau pada gulungan stator/spul.silakan periksakan ke bengkel
terdekat
dinamo casnya tekor kerusakan di spul/stator atau silikon/dioda…silakan periksakan ke bengkel
lampu indikator batrey nyala,saya tahan gas sp 300 rpm lampu indikator batrey mati , saya liat lampu2 dasbor redup, saya coba nyalain ac td nya dingin skrng tidak dingin setelah kejadian tsb, saya start ulang masih mau, tapi mesin rada berat, dan saya coba melepas kepala bateray pada posisi mesin hidup, mendadak mesin mati, saya ulang start batreynya tekor. saya cas ulang batrey, siip lagi, namun pada posisi kontak on lampu indikator batrey biasanya nyala tdk nyala, saya coba buka lagi kepala batrey pada posisi mesin hidup, mendadak mesin mati lagi, adakah yg salah pada altenator mobil saya. BMW 520i thn 91. tolong pak pencerahan n solusinya.
dari penjelasan saudara alternator mobil anda dalam kondisi tidak baik/rusak,atau power suplay ke alternator tidak ada.kerusakan antara carbon brus atau armatur atau ic casnya rusak.silakan di periksakan di bengkel terdekat di kota anda terima kasih
mohon pencerahan, mobil saya corolla ke 30, ada suara mendengung sepertinya pada dinamo ampere. Suara mendengung cm saat rpm rendah, saat di gas suara dengung hilang. Apa masalahnya ya pak?…
Mohon pencerahan Boss…….mobil saya Avanza 2005 tiba-tiba lampu indikator cas nyala terus nah ini bertanda alternator tidak berfungsi…..tapi setelah saya cek dengan memakai kunci pada puly alternator masih ada medan magnet dan alternator masih normal dan ngecas …apa yang salah pada pada mobil saya sehingga indikatonya nyala terus mohon dibantu terima kasih….email mi_n2tronic@rocketmail.com
terima kasih telah masuk ke blog saya.
Apa bila lampu indikator menyala sudah jelas dinamo cas bermasalah,kemungkinan carbon brushnya sudah pendek atau ic casnya rusak.
ic casnya sebaiknya bapak cek kan ke bengkel dinamo terdekat di kota anda,
terima kasih
malem pak, mau tanya cara merubah dinamo ampere cut out ke ic apa saja yang harus dirubah? dinamo amperenya saya sudah ada yang ic dan sesuai dengan spek mobil saya. tapi saya masih bingung merubah terminal kabelnya. mohon pencerahannya pak, terima kasih
malam jga,keterangan bapak belum lengkap,mobil apa ? dan dinamo ampernya kabel berapa ? yg di rubah hanya mengconec terminal bekas cut out api ig / on dan kode indikator.tolong bapak lengkapi data data mobil bapak klo bsa emailkan gambar dinamo amper bapak terima kasih
met pagi pak. Sya mau nnya ni,
sya punya chevrolet aveo, klo dikontak on lampu indikator tdk nyala,dan klo hidup mesin lampu indikatornya jg tdk hidup. stelah be2rapa menit kmudian mesin mati,nah apakah itu ic cas nya yg rusak atau diodanya pak? Mohon penjelasannya pak.
dari analisa yg bapak sampaikan kerusakan antara habis karbon brush,ic.dan kerusakan di armatur/angkernya.klau kerusakan dioda
seharusnya lampu indikator tetap menyala.
terima kasih mampir di blog saya
pak, kalo dinamo cas, di jadikan generator kira kira bisa gak ya?
bsa jga pada dasarnya dinamo cas adalah generator tpi voltasenya rendah dan di searahkan oleh silikon
kita harus merubah ukuran kawat spulnya untuk mencapai voltase 220 volt
malam pak.. mobil saya Chevrolet aveo,saat lagi jalan lampu depan sepertinya meredup dan radio tiba-tiba gak bersuara..namun saat switch lampu saya matikan, radio hidup lagi.
sampai rumah, saya cek, emang ternyata lampu redup. dan mesin kemudian saya matikan. Saat saya coba stater ulang, mesin sudah tak mau hidup lagi.. dan pada saat kondisi kunci on, indikator panel aki tidak menyala (indikator yang lain (oli, engine pintu) menyala).
malam pak. mobil saya kijang 1.8! pada saat mesin dihidupkan lampu ampere pada spido menyala terus,. udah ganti cut out baru, ada magnet pada dinamo ampere! awalnya lampu amperenya ngak nyala tapi 2 hari lampunya nyala sampai aki terkuras habis!!
itu kerusakan di salah satu dioda bukan di cot outnya.
ke rusakan dinamo amper pertama di tandai lmpu indikator menyala,klo lmpu indikator menyala sudah ada yg tdak beres dlam
dinamo amper tersebut,jgn cepat ambil kesimpulan kerusakannya bwa kpda ahlinya.yg jelas apa bila lmpu indikator
menyala segeralah hubungi bengkel terdekat terima kasih
ada kerusakan di antara wire dan dinamo cas pak
Mo tanya ko saat kontak dalam posisi OFF pully dinamo masih ada daya tarik magnet? trus air aki sering berkurang apa penyebabnya?
cara test dinamo cas dengan menggunakan atau berpedoman dengan magnet di fully tidaklah efisien krena terkadang ada
magnet tertinggal.
lay mobilku kia carnival, tiap pagi susah starter padahal aki sudah ganti baru 80 ah, kira-kira salahnya dimana?
kalau batrenya dah baru bsa busi pemanas /pijarnya rusak pak
itu hanya magnet tertinggal dan kadang kdang fully itu ada magnetnya,air aki sering berkurang krena pengisian alternatornya terlalu tingggi
Mohon pencerahan, pada dashboard kalo lampu indikator tiba tiba nyala dan kadang tiba tiba mati sendiri artinya apa ya? 2hari sblmnya dioda alternator sempat diganti karena bocor
kalau masih ada hidup lampu indikatornya kerusakan bsa di wire atau di alternator
mau tanya bang, apa bisa alternator 12 V, di pakai utk 24 V ? ini bukan untuk mobil bang,
tidak bisa mas dari 24 ke 12v bisa
min, mobil saya kijang diesel 2002, ex nya operasional toyota service center, yang mau saya tanyakan
1. jika kunci kontak dalam posisi on ,indikator bergambar aki menyala,dan ketika mesin di nyalakan indikator nya mati, apakah ada masalah dengan alternator nya
alternator dalam keadaan bagus itu pak
salam kenal Pak, saya mau tanya..mobil saya BMW 318i tahun 90,mengalami masalah pada batre/aki.jd batrenya tekor bahkan sampai habis total strumnya,tapi pada saat batre saya cass mesin hidup lagi dan gak lama tekor lagi,,tapi lampu di dasboard nya yang gambar aki gak menyala,jadi apa masalahnya ya Pak? mohon informasinya,,terima kasih
salam kenal kembali itu sudah jelas kerusakan di alternator.kerusakan di ic cas kode indikator mati total di saat kunci kontak
posisi on itu tanda kerusakan di alternator atau kabel indikatornya putus,kabel lampu indikator tidak menyala di sebabkan 2 hal kerusakan di ic
atau kabelnya putus terima kasih
selamat siang Pak,,satu lagi saya mau tanya.apakah kalau dinamo stater rusak atau belt pada altenator kendor dapat menyebabkan pengisian strum pada aki,? terima kasih
kendornya belt aternator akan mengakibatkan alternator ke hilangan rpm tentu nya akan mengurangi suply chargernya
Mau tanya pak. Mobil kijang saya alternatornya masih menggunakan keet out. Waktu diperiksa ternyata 2 buah dioda positifnya rusak (1 jebol/putus, 1 lagi korslet).
Sudah diganti ke 2-nya tapi kenapa jebol lagi? Apakah harus diganti semua ke-3 dioda postifnya? Sekering tidak ada yang hangus/putus.
dioda sering putus dan korslet di sebabkan beberapa hal 1 di karenakan kawat gulungan spul/statornya terlalu besar 2 di sebabkan ketinggian
pengisian/over cas
sistem yg hidup pada posisi off
mau tanya pak, mobil saya taft 93. saya pasang pasang kabel set (relay) lampu. beberapa minggu kemudian lampu indikator aki menyala. klo pada rpm tinggi lampu indikator tersebut mati. esok paginya ketika mau di start mobil gak mau menyala. Kemudian aki saya cas. setelah itu tape, ac dan lampu yg dari aki saya lepas. trus di start. mobil hidup, lampu indikator aki masih menyala trus bunyi kasar pada dinamo ampere. Ketika saya cek menggunakan obeng, pada posisi off masih ada medan magnet disekitar dinamo. mohon pencerahannya pak. trims….
kerusakan sudah positif di dinamo alternator.pemasangan relay tidak ada hubungannya dengan dinamo
kebetulan saja kenanya di jarak waktu yg dekat
kepada admin . .
setelah saya membaca artikel ini,dimanakah letak hubungan SISTEM PENGAPIAN dengan ALTERNATOR nya . . ?
saya tertarik dengan judul tsb karena saya sedang mengalami masalah pengapian pada roda 4 milik saya corolla dx th.81.
masalah tsb adl,pd saat mesin hidup scr tiba2 api di koil hilang dengan sendirinya,namun jika saya buka contact point platina scr berulang maka api pada koil muncul lagi,dimanakah letak kerusakannya . . ? koil dan platina sdh ganti baru pak,mohon pencerahannya . . tks
kemungkinan soket atau fusenya yg longgar pak,atau kunci kontaknya yg masalah terima kasih
penyebab dinamo chas panas dengan sendirinya dan mkin lama mkin panas pa y pak
jika yang dihubungkan hnya positif dan negatifny saja pada regulatornya
bahkan dapat menyebabkan kabel sensingnya terbakar
nmun pada keadaan bekerja dinamao chas bekerja dengan baik jika keadaan diam akan semakin panas
Nb untuk generator volvo penta
dinamo cas memang panas di tambah panasnya mesin,hubungan arus yg tdak tepat jga akan mempengaruhi panas dinamo,kabelnya yg terbakar itu kemungkinan kabelnya kurang besar,dan terminalnya longggar
tolong saya punya masalah dengan mobil xenia famili..ketika mobil berjalan kira” 100mter lampu engine nyala.tetapi bila ac di nyalakan sejauh apapun jaraknya tidak nyala” lgi engine nya.dengan syarat mobil dimatikan dahulu trus dihidupkan dan menyalakan ac trus agar chek engine tidak menyala. saya bawa ke bengkel terdeteksi sensor speed oleh komputer bermasalah..tetapi ketika di chek lagi tidak masalah dengan komponenya alias normal.dan mereke mengajukan tuk mengganti instrumennya indikatornya.
coba bpak Lepaskan isolator pengikat pada sensor temperatur intake manipold, kemudian coba tarik agak keras kabel socketnya. Kemudian kabel akan terlepas dengan sendirinya. Ini menandakan kabel tersebut terputus..kalo pakai ac gas mesin scara otomatis naik,atau coba di refresh dengan cara
.lepaskan kepala accu selama 15 menit untuk mereset memori ECU dan pasangkan kembali..!!
boleh tanya ni pak, carbon brush alternator pada innova diesel saya dah 2x patah, kata orang bengkel karena as angkernya baling, mohon pencerahannya. terimakasih.
itu bisa jdi karena as angkernya baling,solusinya kolektornya di buat baru ke bengkel bubut az pak
terima kasih sudah mampir di blog saya
mas mau nanya nih, lampu indikator accu pada posisi off nyala dan pada saat acc dan on malah mati, saya copot socketnya dinamo ada magnetnya saat B terminal saya hub ke accu, dan saat saya lepas magnet hilang. yang rusak apanya mas ya, atau itu normal, terimakasih
karena accu jadi tekor
klo boleh tau jenis mobilnya apa ya mas ??
Kenapa ya…??? Strum di dinamo kuat. Tapi listrik yg aliran ke accu lemah. Apa kabel yg sudah lama bisa juga berpengaruhnya aliran listriknya.?? Tnks’h.
strum di dinamo tidaklah jadi pedoman,tetapi yg di accu berapa amper yg masuk.dalam beberapa pengalaman memang ada pengaruh kabel,tapi itu jarang terjadi.arus harus di ukur di accu lebih efisien dan terjamin.tpi boleh jga di coba di tambah kabel positip dri dinamo ke acuu
Mhon bantuannya pak bos, mobil ane jenis bmw 520i th 90 ga ada pengapiannya ga nyampe ke busi, gmn nih solusinya?
itu banyak kemungkinan tidak bsa kita jelaskan dengan rinci,pertama cek fuse dan api di fusenya
mobil bmw sudah pakai sistem cdi,bisa cdinya yg rusak atau api ke cdinya yg g ada
terima kasih udah mampir di blog saya
Om mau tanya.mobil sy toyota starlet 92,lampu indikator accu pd dashboard menyala terus saat mbl hdp/mati.saat kontak on/off dinamo ada magnetnya.dlm smalam accu langsung drop strum hbs.bila mbl mnyala accu sy cabut msin ttp hidup,kepala dudukan arang memang sdh kmakan apa penyakitnya dr sana atau mslh pd ic nya? trims
dari kronologisnya itu bukan dari dinamo cas,tapi ada instalasinya yg konslet,,
itu kerusakan pada diodanya atau solderan spulnya ada yg putus
Pak, numpang tanya, mobil saya kijang krista th 98. Saat mesin dihidupkan lampu indikator charging nyala. Setelah saya ganti carbon brush dan ic regulator, saat mesin dihidupkan lampu indikator masih nyala, tp pada saat rpm 3500 keatas lampu indikator mati. Saya cek kondisi fuse, semua masih bagus, menurut bapak apa sumber permasalahannya dimana ? Terimakasih.
itu masih ada kerusakan pda alternatornya yaitu antara silikon/dioda atau gulungan spulnya ada yg putus
salam kenal, mohon saran dari semua yg lebih berpengalaman: lampu panel indikator avanza veloz mati semua n mobil gak bisa nyala(tapi sen, klakson nyala, aki bagus) apa sebabnya? sebelumnya saya ucapkan terima kasih
Mungkin fusenya putus untuk jalur indiator putus atau fuse utamanya putus.
malam Pak,salam kenal, mohon petunjuk dari Bapak : lampu panel indikator avanza veloz mati semua n mobil gak bisa nyala(tapi lampu sen, klakson nyala, aki bagus) apa penyebabnya? sebelumnya saya ucapkan terima kasih
itu kerusakannya fuse nya putus,atau fuse induknya yg putus
salam kenal pa, mohon pencerahannya, sy punya picanto thn 2011, kemarin tiba2 akinya soak sampe ga bisa di starter, tp msh bisa di dorong, sy bawa ke teman sy yg pny bengkel utk coba dianalisa penyakitnya, ternyata setelah di jumper pun tidak berhasil distarter, krn itu akhirnya teman saya menganalisa kalo ga dinamo starter rusak mgkn relay. setelah dicek, relay bagus, dinamo starter jg bagus, kemungkinan di kabelnya. akhirnya dibuatkan jalur kabel baru utk starter, dan berhasil. tp aki yg tadinya koma jd drop sampe 0%. saya sudah ganti aki baru, saya pikir semua sudah beres. mobil jalan spt normal kembali, yg buat saya terkejut, besok harinya saya mau pergi,stop kontak sy nyalakan tdk ada listrik sama sekali. aki saya yg baru diganti kemarin mati total. mohon pencerahannya…
dri kronologisnya dinamo alternatornya rusak tu pak atau api kontak ke alternatornya ga ada
Dinamo alternatornya positif rusak itu mas
malam bos numpang nanya, mobil saya katana thn 93 tapi baru ganti alternator punya nissan yg 100Ah dan aki kering yg 100Ah. saat kontak on mesin belum nyala lampu indikator aki nyala, terus saat mesin hidup (starter normal) lampu indikator hilang. masalahnya medan magnet tidak ada bos, kira-kira kerusakannya dimana bos? terimakasih sebelumnya bos…
kalau ic alternatornya bgus ketika batre/aki sudah penuh magnetnya akan berkurang bahkan hilang
kalau tdak terjadi ketekoran berarti alternatornya bagus
apakah mobil grandmax ic regulator bisa pakai cutout
Bisa az mas tpi akan lebih efisien pakai ic,icnya sama dgn ic expass atau xenia
salam kenal mas, mobil saya kijang 1.8 bensin, saat lampu dinyalakan bunyi denging dimesin, saat dimatikan jalan normal tidak berbunyi, mohon pencerahannya mas…
Itu suara belt nya mas,di tegangkan lagi mas
om,mobil saya hino fs.apabila contak mobil on lampu indikator casnya menyala,tp saat mesin hidup lampu tetap menyala namun agak redup dan alternator tidak mengisi batrei,kira-kira apa ya masalahnya
Kerusakan sdah pasti di dinamo alternatornya,
Salam kenal pak,mau tanya mobil saya lgx 1,8..aki baru di ganti sekitar 2 bulan,,mobil sering dipanasi tapi seminggu yang lalu pas mau d bawa jalan,saat dihidupkan mesin tiba2 tidak mau sprti aki drop,,setelah di jumper bisa,dimatikan sekitar satu jam dihidupkan lagi ternyata gak bisa lagi,,bawa ke bengkel,,diotak atik kabel yang nyambung k positif di aki,,bisa tapi sering kambuh tiba2 drop,,mohon pencerahan nya pak kira2 masalahnya apa?trimakasih
Itu hanya krena jam terbang hidupnya kurang lma.cba akinya d caskan dgn charger listrik mnimal 12jm
Mau tanya om….
Mobil saya corolla gl 84…
Permasalahannya alternator nya ga. Ngisi waktu di cek ga ada medan magnet sama sekali…. dan saya servis alternatornya sembuh.. dan 2 hari kemudian alternator rusak lagi medan magnet ga ada dan saat positif aki di cabut mesin jga mati…. itu dari apanya ya om….? Apa bisa dari kosleting kabel body merusak atenatornya……
Mohon bantuanya…..
instalasi arus ke alternatornya sangat berpengaruh,pastikan dlu alternatornya bagus apa tdak ?
klo alternatornya bgus berarti keruskan pada instalasinya
mohon pencerahan om master….
mobil saya kijang lsx, permasalahannya mobil bisa stater normal baik pagi atau kapan aja, cuma ketika dibawa jalan dan smua komponen klistrikan dinyalakan keesokannya tidak bisa stater, dijamper pake aki yang lain hidup kembali…kemudian di tes kembali pake aki yg lama normal lagi, selanjutnya mobil jalan tanpa menyalakan ac dan listrik lainnya, stater bisa dan normal, tp jika mobil jalan sambil menyalakan komponen listrik, stater tidak normal( tdk hidup), sudah dibawa ke bengkel dinamo stater diganti ic, socet dan bearing tp hasilnya sama mobil tidak kuat stater jika ac dan lain2 dihidupkan…kira2 apanya ya om master…. penyakit mobil saya ini…..tolong pencerahannya…
Dari kronologisnya itu ada ketidak stabilnya pengisian chargernya dari alternatornya/ dinamo casnya,bisa jdi belt / beltingnya kendor.dan jga bsa di karenakan fully utama di cranshaftnya yg bermasalah,ketika stanby pengisiannya normal dan ketika run atau jlan pengisian dri alternatornya down/ turun tdak bsa mensupplay arus alias tekor.
trima ksh atas penjelasannya om…
oh ya tadi siang sy coba bawa lagi ke bengkel dan di cek smua komponen yang om maksud V-belt dan smuanya….alhasil katanya tidak ada masalah, dan divonis untuk ganti Accu/aki nya, tp saya tidak yakin atas saran montir untk ganti aki karna mobil bisa stater asal dijalankan tanpa ada beban ac dan lain2, kira2 menurt mster apa betul accunya yg sdh tdk normal atau apanya lagi ?
trima kasih
Klo kyak gtu coba agan cek fully utama yg terkadang fully tersebut luput dri pemeriksaan montir dan msih jarang terjadi.krena fully utama itu di antara as kur as ke fully itu pakai karet,kemungkinan karet tersebut sdah usang.ketka mobil jlan beltingnya turun naik.klo betlnya turun naik sdah pasti akan tekor gan
fully utama di cranshaftnya yg bermasalah, mksudnya apa om,, sy ga mudeng maklum newbie…
Tempat v belt yg bawah gan.alias fully mesin
ooh… fully itu yg gambarnya bulet tmpt nempelnya belt ya om….
yang diganti fully mesinnya atau karet nya ?
karet as kruk ke as fully ? mksudnya seal ya om…
Salam kenal Pak,
Saya punya masalah dengan sistem charging di ford laser thn 86 masih sistem cut-out,permasalahannya adalah sering sekali indikator charging nyala begitu dipakai jalan lebih dr 5km dan bau akinya sangat menyengat tp kalau saya matikan kontak dan nyalakan lg indikator normal lg dan berulang2 tp aki tidak tekor,apakah itu yg dinamakan overcharge?apakah bisa dirubah dr cut-out ke sistem ic?kira2 apa saja langkahnya?trims mohon pencerahannya…
Salam kenal kmbali
Dari kronologinya iya itu over charging itu cut outnya tak bgus lgi,sbaiknya dinamo casnya di modif dgn yg pkai ic.kasian batrenya pak klo sering over cas g lma umur batrenya pak.
maaf pak mau nanya. jadi gini saya hanis service alternator mobil. indikator aki masih nyala setelah mesin hidup pak. tapi diatas rpm 2000an baru indikator aki mati. itu ada yang salah apa normal pak? karena bbiasanya kan kalo hidup langsung mati. tapi kalo mesin baru dimatikan dan saya hidupkan kali indikator langsung mati. berbeda dengan kalo mesin saya matikan 30 menitan. mohon pencerahannya
Pak.., mau tanya.., mobil saya baleno 97 pada wktu siang hari bolong yg panas mobil berbunyi dengung padahal mesin di posisi kontak off.., dikira pompa minyak ganti pompa minyak msih ad bunyi dengung.., mohon solusix?
Pak …mau tanya saya punya kuda diesel saat di on lampu idikator aki tidak nyala dan pada mesin hidup juga mati tetapi aki tidak pernah tekor dan sudah bongkar dasbortnya tidak ada masalah,tks
Iti biasa terjadi,rusaknya di ic casnya.biarkan az sampai icnya rusak
om mo nanya om kijang super sya pada posisi kunci kontak off, aki cepet habis, sya charge ulang aki nya dan saya tes pd posisi kunci kontak off trus kepala aki – dilepas lalu dihubungkan singkat ke terminal – terdengar suara ctek..ctek.. pada cutout nya, apakah cut out yg bermasalah ataukah alternator yg bermasalah, trims atas sharingnya om
Itu kerusakan di dinamo cas/alternatornya. Diodanya hrus di ganti
sekring alt putus saat mbl dinyalakan,mbl masih hidup.bila socket pada altenator dicopot dan mesin dinyalakan tdk ada mslh dgn sekring altnya,semua instrument berfungsi kecuali gambar aki yg muncul..apakah kejadian ini krn ada komponen altenator yg rusak atau ada mslh lain pd sistem kelistrikanya.mobilnya innova diesel.mohon pencerahanya pak.sebelumnya trimakasih atas informasinya.
Dri kronologinya ada kerusakan d komponen alternatornya hanafi
Mau tanya mas bos..sy punya kijang krista th 97. Kalo AC dihidupkan rpm kok malah turun. Mohon solusinya bos. Matur nuwun
Ada komponen ketika ac di hdupkan akan secara otomatis rpmnya naik.silakan hub ahli ac mad
Salam kenal.
Agan2 saya mau tanya kijang lgx saya thn 2000. Saat kondisi acc bat sama indikator t belt nyala. Saat mesin hidup kok nyala lagi. Akhirnya coba saya jalankan sebentar untuk ke bengkel akan tetapi beberapa saat meain mati dan ketika saya coba stater kondisinya tek2 kayak gag ngankat gitu. Sekarang msh mogok. Kira2 apanya ya?
Alternatornya rusak itu gan. G mau stateer itu krena hbis batre
Oke mas thanks penjelasannya. Untuk aki apa msh diselamatkan ya. Apa perlu dilepas kabel pos ama neg biar gag tambah tekor.
Sama az tu mas biar az g masalah itu.
Min mau nanya nih klo aki mobil bau trus air aki’y keluar dari aki knapa ya ? Mobil saya grandmax 1.3 thn 2014 baru 2 bln pake dari baru sudah ganti aki,mohon info’y
Coba ukur volt dan amper masuk ke aki.. volt maximum 14,50 volt..amper maximal 10.. kalau lebih ic altetnatornya sudag over load..
Min mau nanya nih klo aki mobil bau trus air aki’y keluar dari aki knapa ya ? Mobil saya grandmax 1.3 thn 2014 baru 2 bln pake dari baru sudah ganti aki,mohon info’y
om mau nanya nih, alternator lancer dan gan nggak mau ngecas. ic sama recifirenya baru tp nggak mau ngecas. knapa ya om.. sepul sama angkernya masih bgus.. tlg dong om
Om mau tanya mobil saya toyota soluna 2003, saat pedal gas diinjak atau dalam kecepatan tinggi ada bunyi ngauung, tetapi saat idle atau pedal gas turun bunyi tersebut tidak ada. Mohon pencerahan ( Apakah Alternator yang saat pengisian strum yang berbunyi)
Om mobil saya futura.
Aki baru dinamo cas nya jg baru.
Tapi ketika kabel + nya saya cabut, mobil langsung mati om.
Seharusnya kan masih hidup .
Di mana kesalahan nya ya om ?
Trmaksih om.
Pastikan volt masuk ke akinya gan.. Di ukur dgn volt meter dc..
om,, mau tanya mobil saya kijang super 1995 , kemarin saya cas aki bagus mau menyala , tapi ginamo cas nya ada daya maknet nya , trs waktu jalan mlm hidup ac, lampu, tipe langsung daya batery nya berkunrang ? mohon info nya om
Kijang super pakai cut out atau avr 551 sering turun sendiri pengisiannya. Di stel naikkan dlu.. Klau tekor juga pengisian alternator nya lemah.. Di ukur dulu volt /amper masuknya dulu.. Kalau normal volt smpai 14 volt dan amper nya mencapai 10 amper
om, kenapa indikator gambar aki di sepido meter tetap menyala, padahal karbon brasnya masih banyak, regulator sudah di ganti, dioda sudah tidak masalah. mesin di hidupin akinya ngecas aja, tapi lampu indikator gambar aki tidak mau mati om, itu kenapa ya …….? tolong penjelasannya om …….
Mobil apa ya gan??
Corolla twincam 91
slamat siang master,mau nanya kmren q bru servis alternator n harus ganti ic alternatorny pas sy pasang setelah servis indikator aki di spido gk nyala hny berkedip n mati,tp puly sy cek ada magnetny n pengisian lancar,mohon penjelasanny mobilny sigra 2019
cek amper sama volt di batre/ aki.. kalau normal abaikan saja.. itu masih ic nya yg kurang bagus