Tujuan dari Charging system ini pada dasarnya adalah untuk melakukan pengecasan ulang terhadap daya aki yang terpakai saat melakukan starter, menyalakan lampu, dan aksesoris lainya. Selain itu charging system juga menjadi sumber tegangan utama saat mesin kendaraan hidup.
Charging system merupakan sistem pada kendaraan yang tidak terlalu berkembang dalam artian tidak begitu banyak mengalami perubahan dari dulu hingga sekarang.
Charging system bekerja dengan cara :
Merubah Energi mekanik (putaran pulley yang di hubungkan oleh v belt ke crank saft) menjadi Energi Elektrik.
Komponen utama Charging system
Komponen utama dari Charging system antara lain Aki, Alternator, Voltage Regulator.
Sering kali kita menvonis aki kita rusak, sebenarnya belum tentu aki kita tersebut sudah rusak apalagi untuk aki yang masih berumur di bawah 8 bulan..kemungkinan kecil untuk rusak. Bisa saja aki mengalami discharge yang sangat besar karena tidak normalnya Charging System kita. Apabila tidak adanya pengisian oleh Charging system..maka daya dari aki akan terkuras dan lama-lama akan habis terpakai. (menghidupkan koil, lampu, komputer, dll). Jika sudah habis maka mobil kita akan mogok …Sebenarnya aki ini masih bisa dipakai jika kita melakukan charge ulang dengan menggunakan battery charger….
komponen Charging system lainya yaitu Alternator.(disebut juga dinamo Ampere).Yaitu sebuah generator yang menghasilkan arus AC (Alternating Current), Namun arus AC ini segera dirubah menjadi DC(Direct Current) oleh alternator itu sendiri. Sebab pada kendaraan (mobil pada umumnya) menggunakan aki 12V DC.
Voltage Regulator : Fungsi dari voltage regulator adalah sesuai dengan namanya mengatur tegangan agar output dari alternator berada pada kisaran 13,5volt sampai 14,5 volt…agar tidak merusak komponen elektrikal pada kendaraan. Pada awalnya pengatur tegangan ini ditempatkan terpisah dengan alternatornya berupa Cut Out..tetapi sekarang seiring dengan kemajuan teknologi fungsi dari pengatur tegangan ini sudah dapat di bentuk dengan modul ic yang kompak sehingga bisa di letakan didalam alternator itu sendiri.
Cut out
Pengisian pada kendaraan dapat dianalogikan dengan aliran air. Aliran air untuk mengisi sebuah ember kosong akan cepat apabila selangnya cukup besar dan juga tekanan dari air tersebut cukup kencang. Namun tekanan yang terlalu kencang dapat menjebol sambungan2 selang dan juga ember itu sendiri. Demikian halnya dengan Pengisian pada kendaraan. Tegangan atau Voltage dari charging system mirip dengan tekanan pada air…dan selang yang digunakan adalah kabel pengisian. Sedangkan ember penampung air dalam charging system adalah Aki. Terlalu besar Voltage dapat merusak komponen kendaraan seperti aki, computer, dan lain-lain(merupakan tugas dari voltage regulator untuk menahan agar ini tidak terjadi). Agar pengisian aki dapat berlangsung cepat maka hambatan pada kabel harus seminimal mungkin dan arus pengisian (ampere) yang cukup deras.
Ketika kendaraan melaju dengan kencangnya kemungkinan output tegangan dari alternator akan semakin meningkat. Seiring dengan itu maka voltage regulator mengurangi kekuatan magnet dari alterntor sehingga secara otomatis output dari alternator menjadi berkurang juga.
Kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi
Kemungkinan kemungkinan kegagalan dari charging system antara lain :
1. Kegagalan pada Alternator (dinamo ampere) itu sendiri seperti :
Rusak nya salah satu dari tiga gulungan. Sehingga output yang dihasilkan menjadi 2/3 dari output seharusnya. Masalah seperti ini sangat jarang terjadi dan sangat sulit untuk cepat dideteksi. Sebab gejala kerusakan akan terasa apabila kita menggunakan seluruh aksesoris kendaraan secara bersamaan. Seperti mengendarai dimalam hari dengan lampu, AC, Tape, Defogger, fog lamp, wiper pada kondisi hidup mungkin baru akan terasa ..ketika wiper melambai, head lamp ikut mengedip atau main. Nah ini kemungkinan salah satu dari 3 gulungan putus.
Rusaknya salah satu diode dari 6 diode rectifier : Gejalanya sama percis dengan gejala diatas.
Rusaknya Voltage Regulator : Hal ini ditandai dengan cepat putusnya komponen-komponen electrical anda seperti bohlam, dan komponen lainnya. Selain itu timbul bau asam menyengat dari aki karena penguapan yang begitu besarnya. Hal ini harus segera diperbaiki karena selain merusak komponen electrical yang lain juga dapat merusak Aki.
Suara berisik hingga macet : Suara berisik yang mungkin timbul dari alternator adalah karena adanya komponen bearing alternator yang sudah macet atau rusak. Sehingga saat alternator berputar dengan kencang akan terdengan suara gemuruh bahkan kalau sudah parah akan timbul macet pada rotor dinamo ampere sehingga tidak terjadi pengecasan sama sekali.
2. Kegagalan pada wiring system seperti :
Medan magnet tidak terbentuk : Ketika posisi kunci kontak sudah pada posisi on maka seharusnya pada alternator sudah terdapat medan magnet. Hal ini dapat dijadikan dasar pengecekan pertama pada alternator anda. . Jika tidak ada medan magnet maka dapat dipastikan charging system tidak bekerja dengan sempurna. Hal ini dapat disebabkan karena adanya socket ke alternator yang lepas (sering terjadi) selain itu juga bisa diakibatkan brush atau arang alternator sudah habis.
Kabel pengisian utama (dari charging output) korosi atau putus : apabila kabel utama pengisian ini putus maka Alternator akan bekerja sia-sia, sebab keluaran dari alternator tidak ditampung dengan baik. Begitu pula jika terjadi korosi pada kabel pengisian utama ini..misalnya dari charging output terminal keluar 14 volt , karena korosi maka yang sampai ke terminal aki menjadi hanya 12,6 volt…sehingga pengisian akan berkurang dan tidak maksimal.
Kabel Ground dari aki ke Egine kurang baik atau korosi : Sama halnya dengan kabel pengisian utama yang korosi, kabel grounding dari terminal aki – ke engine yang korosi dapat menurunkan kemampuan pengisian. Karena grounding alternator mengambil langsung dari body alternator yang di baut ke engine. Sehingga apabila grounding dari aki ke engine kurang baik..maka hasil dari pengisian alternator juga akan berkurang.
Metode Pengecekan Sederhana
Pengecekan Medan Magnet
Seperti dijelaskan diatas, Cara pengecekan Paling sederhana adalah dengan merasakan apakah medan magnet terjadi ketika kunci kontak pada posisi ON. Caranya dengan menggunakan Sebuah benda logam besi seperti obeng, atau pisau…dekatkan pada dinamo ampere ketika kunci kontak pada posisi On (cukup pada posisi on tidak perlu hidup mesin). Apabila terdapat medan magnet minimal anda tahu bahwa wiring dan alternator sudah benar. Tetapi apabila tidak terdapat medang magnet Segera cek wiring dan bila perlu alternator.
Cara pengecekan dengan Voltmeter
1. Ukur Voltase di kepala aki + dan – saat mesin dimatikan. catet.
2. Ukur voltase di kepala aki + dan – saat mesin di hidupkan.
3. Ukur voltase ketika mesin hidup dari terminal B ke bodynya alternator itu sendiri.
4. Ukur Voltase ketika mesin hidup dari terminal B ke kepala aki –
5. Ukur Voltase ketika mesin hidup dari body alternator ke kepala aki +
jika hasil test nomer 4, 5 (lebih kecil dari nilai hasil test nomer 3..) gagal maka ada kemungkinan kabel ground atau kabel dari pengisian utama dari charging output bermasalah…
Sebenarnya masih banyak cara pengecekan yang lain..namun menurut TS dua metode diatas sudah cukup untuk mengecek kondisi Charging system bagi pemilik Mobil.
sangat membantu sekali, kebetulan mobil saya lagi mengalami kerusakan di altenatornya. setelah sya cek dioda putus 4. dan gulungan spull mgnet putus.
terima kasih sudah mampir di blog saya
Saya barusan beli mobil bekas dan beli Accu berkualitas baik, setelah cek ternyata alternator tidak ada v belt. Saat masih belum saya ke bengkel untuk pasang v belt. Tapi saya curiga mungkin alternator sudah rusak. Jadi mungkin saya betulin atau beli alternator baru. Trims atas artikelnya.
coba saudara pasang tes dulu klo memang rusak ganti az dengan ex singapur jgn barang baru sebab kurang bagus kualitasnya
alternatornya coba di perbaiki dulu kalo dinamonya masih asli bawa an mobil
Mas. Mau nanya, barusan beli cut out buatan toyota thailand buat kijang grand extra. Tapi pas buka tutupnya ternyata tdk bisa disetel (ada semacam karet pelindungx) yg sy tanyakan, gmn nantinya kalau mau distel?
Assalamualaikum wr.wb, Mas.Saya mau nanya, Dinamo isi jika mesin dihidupkan sebentar dinamonya panas sekali pada mobil cevrolet aveo. Aisi altenator juga sudah diganti baru dan aki juga sudah diganti baru, Mohon bantuan untuk penjelasan. sebelum dan sesudahnya diucapkan banyak terima kasih. Semoga amal baik mas mendapat ridho dari Allah Swt.Amiin
walaikum salam ww dari keterangan yg saudara sampaikan saya analisa,apakah sudah di cek berapa amper masuk ke battere?
dan volts nya berapa ? dinamo cas yg bagus ampernya sekitar 5–15 amp.dan volts di saat hidup antara 13–14 volt.
kalau amp sama volts nya bagus itu tak apa apa karena dinamo cas itu memang panas,tpi klo panasnya melebihi dari batsan
nya spul dinamo cas nya shot atau kontak body terima kasih telah masuk blog saya wassalam
mas mau tanya …, kenapa ya kabel pengisian dari alternator ke aki selalu putus, apa perlu di ganti baru, karena kondisinya sudah agak keras dan kaku, kejadian ini sih baru baru aja…seminggu ini dah 2 kali, saya sudah pake mobil ini lebih dari 7 thn
itu di sebabkan pengisian alternatornya terlalu tinggi,coba di ganti dan sambungannya harus di solder
Betul, kijang saya mogok gara2 sambungan kabel alternatornya cuma pake isolasi. Setelah disolder sama tukang dinamo, beres.
assallamualaikum, mas saya ada rencana menggunakan AC rumah di mobil L300 Diesel. sebaiknya saya menggunakan dinamo cas apa dan aki berapa ampher? untuk inverter rencana pakai yg 1200 watt sebagai sumber listrik ke AC
slam semua….kereta saya ada masalah alternatol….ware pada peyambung alternatol jadi panas sampai merah…..minta tolong penjelasan,,,adekah tak cukup shot pada body kereta atau ada2 cerita.
iye betul tuk cik boleh jadi alternator nya rusak diodanya.atau kerana terbalik pasang wire batre positif jdi negatif
mas bagaimana membedakan antara alternator yang masih menggunakan CUT OUT, dengan alternator yang sudah menggunakan modul IC di dalamnya ??
ada beda nya yg pakai cut out di soket terminalnya ada kode huruf F N E dan yg pakai ic hanya LR yang di halamana cara krja alternator adalah contoh alternator yang pakai ic terima kasih
minta gambar wiring nya dong
wiring yg mana yg maz minta ?
Mas Saya mau menanyakan kelistrikan mobil saya.
Saat ini jika lampu kecil menyala dan diikuti dengan menghidupkan lampu sen, lampu kecil akan meredup/terang seirama dengan lampu sen. Begitu juga jika pedal rem di injak, lampu kecil akan meredup selama pedal rem di injak. apakah yang. hal ini terjadi baik dalam keaddan mesin hidup atau mati. Kabel groud sudah saya cek semua kondisi bagus.
itu karena groundnya yg kurang bagus coba maz bersihkan atau grounnya di tambah terima kasih
maksudnya yang dibersihkan ground yang di konektor terminal/soket atau groun yang dari aki ke body mas ?
ke dua dua nya harus di cek dan klo di perlukan buat kabel/wayar baru dari ground body ke lampu
Beli kabel 10mm, skun kabel. Sambungkan kabel dari negatif aki ke baut body alternator, ke negatif lampu, ke negatif motor wiper. Masing2 pakai skun dan dibaut. Gitu mas rio
kebanyakan kbel massa tuh mas,pakai kabel aslinya az mas bro cuma pastikan skun ke body mobilnya bersih
mau tanya nh mas,kalo dinamo cas ada medan magnet nya,tapi aki tetap tidak mau mengisi,?
medan magnet tidaklah akurat,klo boleh tau mobilnya bensin atau diesel dan thn berapa
mas, mau nanya. pada waktu lampu utama hidup (hid 35w), pembacaan voltase pada voltmeter menunjukkan voltase drop turun s/d cuma 10v padahal rpm mesin tinggin – biarpun gas diamenin tetap 10v. kalo yg nyala cuma lampu senja (led 9watt, lampu rem led skitar 2watt) pembacaan voltase normal kisaran 13 – 14v baik pada rpm tinggi dan rendah. kira2 masalahnya apa ya? oh iya ini motor yg ud modif kleistrikan jadi dc
no 3 dan no 5 bedannya apa?
beda mas karena volt di alternator belum tentu sama dengan di aki/batre itu mengecek apakah kabel positif(+) ada yg putus atau tidak
kalo udah jelas alternator rusak. Bagaimana cara mencari atau mengecek komponen mana yg rusak? ( dioda, carbon brush, stator, ic regulator). Thanks
dioda di test pakai multi tester,klo karbon brushnya itu kelihatan habisnya,klo statornya ada yg terbakar atau shot body,rotor jga di test tester hubungan gulungannya,icnya apabila telah semua komponen bagus tidak jga bsa itu sudah pasti ic nya
Mas, mobil saya Suzuki Esteem 1.3 1995, lampu indikator yang ada gambar accu-nya terus-terusan nyala, tapi pengisian altenator bagus; sebagai ilustrasi ketika mesin dihidupkan lalu kabel accu + dilepas mobil tetap hidup.
Terima kasih dan saya tunggu jawabannya.
itu kerusakan di ic dinamo casnya.klo sementara blom tekor di abaikan saja terima kasih
aq mw tanya mas aq punya mobil hiace..lampu indikatorku pda saat msin hdp tu lmpunya mti tpi saat tk tes kabel min tk lepas msin lngsung mti..tak cek dinamo ampernya pkek obeng sprti contoh diatas medan maknetnya besar jg..kbel tk priksa jg ngk da yg ptuz ..kira” apanya mas cut out nya ap ad mslh lain..
pengisian saat idle/lansam kurang bisa jdi cut outnya minta di stel di naikkan pengisiannya
Ass,mas…aku mau tanya,aki mobil baru sminggu pake drop…trus aku tes pke multitester,posisi di idle atau gas tnggi cuma 10 V…trus aku tmbah kabel ground dr aki – ke stelan pully alternator…ngak sngaja ada prcikan api di body alternator ( ada arus )….apa itu normal,…
alternatornya itu normalnya antara 14-15 volt lebih dri itu sudah over cas,itu kerusakannya di ic cas,klo pakai regulator di luar bisa di stel turunkan,tpi kalau pakai ic,icnya harus di ganti
walaikum salam volt di accu/aki harus di atas 12 volt saat idle dan maksimum di tekan gas 15 volt,di bwah volt tersebut dinamo cas/alternatornya rusak
maaf mas mau tanya nih,aku pnya kijang95 setelah menyetel ket-out lalu ganti aki baru dibengkel indikator acc nyala terus dan headlamp jadi putus. aus bohlamp jadinya..minta pencrahannya.
pengisian over tuh atau penyetelannya ga tepat
Assalamualaikum, mas mo nanya nih, alternator xenia 2004 termasuk yg cutout apa ic? thx
Walaikum salam xenia termasuk IC .
mas yang sering saya alami lmou chg hidup tp pengisian ttep jalan..itu ap yg rusak yh
itu memang sering terjadi,itu kerusakan di ic,kalo alternatornya sudah pakai ic.tapi kalo pake cut out
itu kerusakanya bsa cut outnya atau kabel dari alternator ke cut outnya ada yg putus yaitu kabel yg kode N
terima kasih udah masuk blog saya
Mas, Saya mau tanya sedikit masalah Altenator yang pengisianya tidak normal. Padahal pernah Altenator itu sampai di ganti baru,
Masalahnya adalah: Waktu pengisian pertama dengan Engine hidup pengisian normal diukur dengan Ampere meter.15 ampere
Tapi setelah beberapa detik, pengisian menjadi 0 Ampere.
Tolong dibantu
klo boleh tau mobil apa bos ? alternatornya msih pakai cut out apa udah pakai ic ?
mas, keluaran pada alternator ada pengaruhnya terhadap sistem pengapian. koil saya panas. saya cek keluaran alternator 45V pada saat langsam dan di gas tinggi 20V. IC sudah saya ganti tapi keluarannya tetap sama. alternator saya menggunakan IC dan mobil L300 bensin. apa yag perlu diperbaiak
terkadang batre/aki yg rusak bsa menyebabkan volt cas tak normal
mas , punya spesifikasi sistem pengapian L300
Mau tanya mas, mobil saya nissan infiniti 2002, aki kurang bagus tapi klo dicash luar masih bisa isi, dan buat stater masih bisa, tapi ngga berapa lama mesin mati, trus udah ngga bisa untuk stater lagi/seperti tidak ada pengisian masuk aki. Setelah saya jemper pake aki lain bisa tapi begitu jemper di lepas, mesin mati. Pertanyaan saya apa karena aki atau alternator nya yg rusak? Sebelumnya sudah saya cek dalam kondisi mesin nyala seperti tidak ada medan magnet di sekitar bering alternator. Terima kasih sebelumnya mas.
bisa batre/akinya yg rusak mas,dan kemungkinan di alternatornya
numpang tanya ya Om
mobil sy nissan sentra 91. aki drop kl mobil tdk dipakai 2 hari, pernah saya charger ketika daya habis, kata tukang cass, aki masih bagus. tapi terjadi, daya drop kl mobil ga dipake 2-3 hari. saya coba dekatkan logam ke alternator (posisi kontak on), ada sedikit tarikan medan magnet (tarikan tidak terlalu kuat). ga tau voltasenya, ga ada volmeter
pertinyiinnyi:
1. Akinya yang dah soak, atau alternator atau komponen lainnya?
2. indikasi alternator baik, apakah jika didekatkan logam tarikan kuat atau cuma bisa nempel. sya pake logam kecil ketarik
trimakasih
numpang tanya ya Om
mobil sy nissan sentra 91. aki drop kl mobil tdk dipakai 2 hari, pernah saya charger ketika daya habis, kata tukang cass, aki masih bagus. tapi terjadi, daya drop kl mobil ga dipake 2-3 hari. saya coba dekatkan logam ke alternator (posisi kontak on), ada sedikit tarikan medan magnet (tarikan tidak terlalu kuat). ga tau voltasenya, ga ada volmeter.
nambahin om, lampu indikator aki di dashbord merah (kontak on), mesin nyala lampu mati
pertinyiinnyi:
1. Akinya yang dah soak, atau alternator (mobil dah tua) atau komponen lainnya? ,
2. indikasi alternator baik, apakah jika didekatkan logam tarikan kuat atau cuma bisa nempel. sya pake logam kecil ketarik
trimakasih
itu karena jam hidupnya yg kurang mas.karena 2-3 hari tdak di hdupkan aki akan kehilangan tegangan
solusinya harus di hidupkan tiap hari minimal 15 menit
Assalamualaikum wr.wb.
Mo tanya mas…kalo ganti dioda rectifier, jenis atau type diodanya apa dan ukurannya berapa amper?…sebelumnya terimakasih atas jawabannya…daihatsu espass 1.3.
Wassalamualaikum wr.wb.
untuk mobil sudah tersedia di toko spart part
mobil dari parkir tibatiba mogok indikasi lampu saat kontak on ACC redup,mbil jelas gak bisa startr cek aki volt 12,3 mobil didorong mc msih bisa bunyi nyala satu jam dipakai lampu dan electrik lainya loyo gak terang dan gak kuat .Bongkar alternator ada 2 karbon brush kondisi msih ok tetapi lamel kuningan dari 2 satu lamel kuningan sudah nglupas bisakah kita ganti lamel kuninganya saja mohon pencerahan pak terima kasih byk
salam
Bisa pak,tpi akan lbih baik di tukar tambahkannya d bngkel dinamo
Terimakasih mas atas jawabannya…smg sukses sll bwt anda…salam hormat…
mas mandalasena, semoga ilmu yang di share menjadi pahala yang besar.
saya punya mobil ford laser champ 1.8dohc, dl waktu ic alternator rusak sama bengkel diganti dengan regulator cut out. nah sekarang saya mau kembalikan ke semula dengan beli alternator baru/rekondisi merk swip. setelah saya pasang dan saya ukur untuk tegangannya cm di angka 12,.. v. saya coba lepas kabel – dari aki mesinya mati. trus saya cb nyalakan lagi. saya ukur tegangan dari kutub B alternator dengan bodinya cm muncul 0.8v. saya coba semua tes diatas hasilnya ga ada yang bagus.
apa ada kemungkinan jalur pengkabelanya salah ya?
mohon saranya dan bimbinganya mas. kalau bisa minta wiriing diagram pengkabelan dari aternator ke aki.
malang, jatim
terima kasih.
Dari kronologisnya dinamo amper/altenatornya belum bekerja optimal,instalasi cut outnya hrus d lepaskan.dan pemasangan kabel arus on di alternator berikut kbel lmpu indikator chgnya harus tepat
thankyu mas responya..
cut outnya sudah dilepas mas, ada 4 kabel mas,
1. paling besar kutup positif aki, saya masukan ke kutup B pada alternator
2. kabel 1,5mm masuk box sekring,saya pasang di kutup L pada alternator
3. kabel 0,75mm masuk box sekring juga, saya pasang dikutup S pada alternator
4.kabel sudetan dari indikator yang masuk di bak perseneling (seperti termostat tapi masuk di block persening/kopling..) nah yang ini ga saya pakai mas, soalnya ga tau buat fungsi yang mana.
terima kasih mas.
Kbel yg besarnya udah pas yg saya ragukan kbel yg kecilnya,di test az mas pakai lmpu tes.api + dri kntak on itu ke kode ig.dan yg lmpu indkator di lengketkan ke body – lmpu indikatornya hdup.itu ke kutup kode l
ok mas mantabs, tapi di alternator saya tidak ada kode ig, cuma ada s dan L (dalam satu socet) trus B, ada satu lagi tapi tidak ada kodenya bentuknya lubang mirip salib ada skun didalamnya.
L itu untuk kode lmpu indikator . s itu kode untuk api+ dri fuse tpi bukan dri api on dri kontak itu api langsung
sudah beres suhu, thankyu, sangat membantu.
setelah alternator beres ada masalah lagi suhu, tiba tiba lampu plafon mati, tape mati, lampu speedo mati, hazzard mati, tapi sign kana kiri idup yang parah lagi lampu tail baik rem atau lampu kota mati juga. sekering semua bagus.
mohon bimbingan kembali
Mas mau tanya, indikator aki mobil saya kok nyala waktu mesin hidup, tetapi kalo rpm’nya di naikin tiba” idikatornya mati., sama aki nggak mau ngecas., itu kenapa ya.?
mas kalo sain nya nyala kenapa indikator lampu aki nyala tapi agak redup
Itu krna lmpu sainnya kurang massa negatif.dan massa – di spedo meter kurang bgus
mau tanya dinamo pengisian saya kok panas sekali apa kiranya penyebabnya ya?
mas mau nanya sy punya cielo 94..knp tiap mobil tdk di panasin sehari aja mobil kl distart susah hdup kyk aki drop..sdgnkan aki kl dicas kondisi aki bs bagus..dan mobil bs distart..yg sy tanyakan yg bermasalah ato rusak itu aki ato dinamo amper nya..mohon solusi dan penjelasanya
Dari kronologisnya itu krena kurang durasi hidupnya,aki blom terisi full,atau akinya sdah mulai soak.
Selamat malam om
Saya mau tanya
Saya baru ganti alternator karena alternator sya yg lama masih menggunakan regulator
Setelah ganti saya lakukan pengechekan
Dengan menyalakan lampu utama fog lamp dan auido.. alternator masih mengisi 5-10A
Setelah saya hidup kan AC pengisian minus
Dan masalah utamanya pada saat jalan AC on mobil saya mati om.
Kira2 apa penyebab nya.
Trima kasih
Dari kronologinya pengisian masih tekor, amper dinamo casnya tak sesuai dengan amper yg keluar.untuk sedan itu alternatornya 80 A karena klo batrenya g msalah
salam kenal bang
saya punya mobil sedan
kemaren alternator nya sudah dirombak pake regulator ( standard ny IC)
kemudian sering tidak mencharge
kemudian saya ganti dengan model IC kebetulan juga yg ganti marga siregar 🙂
kendalanya saat AC on pengisian menunjukkan negatif tidak mengisi malah make dari AKI
namun hanya terjadi saat AC on
mengakibatkan mobil mati
saya periksa kan AC nya kondisi ok dan sebelum diganti pun AC baik2 saja
kira2 apa penyebab dari kejadian ini
mohon pencerahan bang
AKI saya GS NS 70
tks
Apakah icnya asli? Klo di rubah dgn ic yg lain spesifikasinya hrus sama ampernya yg paling utama
Salam om…
saya mau nanya nih.. saya punya mobil katana, indikator tegangan yg terlihat di capbank kalo mesin hidup dan di gas itu 14v lebih..masalahnya kalau malam semua lampu dinyalain, amperemeter yg tersambung dari terminal B alternator dan + accu panas bahkan sampai hangus…. sudah 3 kali saya ganti amperemeter. mau saya sambung langsung antara terminal B alternator ke + accu tapi takut terjadi sesuatu yang lebih parah…kira2 masalah dan solusinya apa om?
makasih sebelumnya untuk jawabannya om.
Amper indikator emang g efisien mas smbung lnsung az g pa pa itu
Mas mau tanya aki baru 2 bulan waktu d tes voltmeter d toko aki volt 14.0 tapi setelah d pasang d mobil mesin off volt jadi 12.8 d cb mesin hidup 13.4 d cb lampu ac n tape volt turun k 12.0 kadang 11.7 kira2 yg salah apanya y mas.. Mohon petunjuknya. Mobil sya mazda vantrend
Ass… Mas mau tanya, indikator aki mobil saya kok nyala waktu mesin hidup, tetapi kalo rpm’nya di naikin tiba” idikatornya mati. Mohon Pencerahannya enggeh mas…
Semoga dilimpahkan rejekinya pean mas..
Kadang terlalu rendah idle nya. Atau belt nya kendor
chek juga bursh dinamo nya atau IC nya sudah lemah bisa jadi kemungkinan CMIIW