cara gulung motor 3 phase

Cara Gulung Ulang Motor 3 Phase

Postingan ini saya buat karena banyak yang minta bagaimana cara menggulung ulang motoran 3 phase, berikut ini saya jelaskan secara sederhana bagaimana cara gulung ulang motoran 3 phase kecepatan 1.500 rpm, 36 hole.

1. Buat gulungan tiga rangkap sebanyak 6 buah seperti gambar dibawah ini, satu rangkap dapat mengisi 6 hole/lobang, jadi 6×6= 36 hole.Ukuran kawat dan jumlah lilitan sesuaikan dengan aslinya, dapat dihitung sebelum memulai membuat gulungan, dan ukur menggunakan micrometer.

2. Pasang secara berhadapan seperti gambar dibawah ini, jangan sampai terbalik. Setelah selesai semuanya di pasang akan terdapat 12 ujung kawat.

– Sambung ujung luar A dengan Ujung luar D
– Sambung ujung luar B dengan Ujung luar E
– Sambung ujung luar C dengan Ujung luar F

Setelah dilakukan penyambungan seperti keterangan di atas akan tersisa 6 ujung kawat, untuk selanjutnya gabungkan ujung B,D,dan F, sehingga tersisa 3 ujung kawat, ujung kawat yang tersisa tersebutlah yang dijadikan sebagai api masuk, (tegangan 380V-400V)
Setiap sambungan di solder dengan baik dan tutup dengan selonsong, dan diikat dengan rapi.

12 thoughts on “cara gulung motor 3 phase”

  1. Newbie, … Kalo jumlah lilitan di tiap kumparan ada perbedaan s/d 10 lilitan. Berpengaruh besar pada regulator gak? (regulator cepat rusak atau tidak). Trims

  2. saya ada masalah dengan motor saya.saya mengulung ingin rpmnya 3560.tadinya cuma 1500.cara lilitanya bagaimana ya.tolong di konfirmasinya ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s